Senin, 07 Februari 2011

jenis-jenis pertanyaan

Keterampilan bertanya  merupakan keterampilan dalam membuat pertanyaan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. keterampilan ini merupakan keterampilan hidup yang penting serta merupakan pembelajaran utama dan juga termasuk keterampilan berpikir. (Bond, Trevor : 2006 )
Terdapat beberapa kategori-kategori pertanyaan yang menunjukan jenis pertanyaan yang diungkapkan  termasuk pada jenis kategori pertanyaan tertentu. Berikut merupakan jenis-jenis pengklasifikasian pertanyaan :

1.      Taksonomi Bloom

Salah satu bentuk pengklasifikasian  pertanyaan yang sudah tidak asing lagi yaitu pengklasifikasian pertanyaan yang dilakukan oleh Benjamin Bloom atau yang lebih sering disebut taksonomi Bloom.
Benjamin Bloom membuat taksonomi ini untuk mengkategorikan tingkat abstraksi pertanyaan yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. Taksonomi ini menyediakan struktur yang berguna untuk mengkategorikan pertanyaan yang bersifat menguji atau berupa tes. (Wenning : 2006 )



Tabel 2.1  
Pengklasifikasian  Pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom
Kompetensi
Kemampuan yang Ditunjukan (Skills Demonstrated)
Pengetahuan

a.        Observasi dan mengingat informasi
b.        Pengetahuan tentang tanggal, peristiwa, tempat
c.         Pengetahuan tentang ide-ide utama
d.        Penguasaan materi pelajaran
e.         Pertanyaan Isyarat:
f.         Mendaftar (list), mendefinisikan, mengatakan, mendeskripsikan, mengidentifikasi, menunjukkan, menamai (label), mengumpulkan, memeriksa, tabulasi, kutipan, nama, siapa, kapan, di mana, dll
Pemahaman

a.        Pemahaman informasi
b.        Menangkap makna
c.         Menerjemahkan pengetahuan ke dalam konteks baru
d.        Menafsirkan fakta, membandingkan, kontras
e.         Meminta, mengelompokkan, menyimpulkan penyebab sesuatu
f.         Memprediksi konsekuensi
g.         Isyarat Pertanyaan:
h.        Meringkas, menjelaskan, menafsirkan, kontras, memprediksi, asosiasi, membedakan, memperkirakan, membedakan, mendiskusikan, memperpanjang
Aplikasi
a.        Menggunakan informasi
b.        Menggunakan metode, konsep, teori-teori dalam situasi baru
c.         Memecahkan masalah dengan menggunakan keterampilan atau pengetahuan yang diperlukan.
d.        Isyarat Pertanyaan:                                       
e.         Menggunakan, menunjukkan, menghitung, melengkapi, mengilustrasikan, menunjukkan, memecahkan, memeriksa, memodifikasi, mengkaitkan, mengubah, mengklasifikasikan, eksperimen, menemukan
Analisis
a.        Melihat pola
b.        Mengorganisir bagian-bagian
c.         Mengungkapkan makna tersembunyi
d.        Identifikasi komponen
e.         Isyarat Pertanyaan:
f.         Menganalisis, memisahkan, mengurutkan, menjelaskan, menghubungkan, mengelompokkan, mengatur, membagi, membandingkan, memilih, menjelaskan, mengambil kesimpulan
Sintesis
a.        Menggunakan ide-ide lama untuk menciptakan yang baru
b.        Generalisasi dari fakta-fakta yang diberikan
c.         Menghubungkan pengetahuan dari beberapa area
d.        Memprediksi, menarik kesimpulan
e.         Isyarat Pertanyaan:
f.         Mengkombinasikan, mengintegrasikan, memodifikasi, menyusun kembali, pengganti, merencanakan, membuat, mendesain, menemukan, bagaimana jika?, menulis, merumuskan, menyiapkan, generalisasi, menulis ulang
Evaluasi
a.        Membandingkan dan membedakan antara ide-ide yang dimunculkan
b.        Menilai (assess) nilai teori, presentasi
c.         Membuat pilihan berdasarkan argumen yang beralasan
d.        Memverifikasi nilai bukti
e.         Mengakui subjektivitas
f.         Isyarat Pertanyaan :
g.         Menilai, memutuskan, membuat peringkat, membuat kelas (grade), membuat tes, mengukur, merekomendasikan, meyakinkan, membuat pilihan, memutuskan(judge), menjelaskan, membedakan, memberikan dukungan (support), menyimpulkan, membandingkan, meringkas

2.      Jenis Pertanyaan Rhodhes Typology

Berikut merupakan bentuk pertanyaan yang telah dikategorikan berdasarkan Rhodes Typology:
a.       Pertanyaan yang diarahkan pada isi
Rhodes mengelompokkan beberapa pertanyaan yang berorientasi untuk memperoleh informasi tentang materi pelajaran, seperti yang dipaparkan pada tabel 2.2.
Tabel  2.2
Pertanyaan Rhodhes Typology
No.
Kategori Pertanyaan
Subkategori Pertanyaan
Contoh pertanyaan
1.
Pertanyaan Informasional
Penanya bermaksud untuk mencari informasi berdasarkan fakta  atau keadaan tertentu melalui pengamatan atau percobaan yang dilakukan
Deskriptif

·       Apa itu?
·       Termasuk jenis apakah itu?
·       Mana?
·       Kapan?
·       Siapa ini?
Oprasional
·       Bagaimana cara kerjanya?
·       Apa gunanya?
2.
Pertanyaan  Interperatif
Penannya berusaha untuk memperoleh makna dari sebuah kesimpulan atau pengamatan.
Konseptual
·         Apa artinya itu?
·         Apakah hal itu dapat dijadikan arti?
Otoritas terkait
·         Apa yang anda maksud dengan itu?
·         Apa yang bisa anda maksudkan dengan itu?
3.
Pertanyaan  Eksplanatori
Penanya mencari klarifikasi untuk untuk membuat suatu hal menjadi lebih dipahami.
Penyebab (Causal )
·         Mengapa bekerja seperti itu?
·         Apa alasan untuk hal itu?
Teleological
·         Mengapa dia melakukan hal itu?
·         Apa tujuan hal itu?
Historical
·         Bagaimana hal itu terjadi?
4.
Pertanyaan Prosedural
Penanya mencari kejelasan atau klarifikasi  dari suatu proses yang berlangsung.
Metodologi
·         Apa yang dilakukan?
·         Apa yang dapat dilakukan?
Teknis
·         Bagaimana itu dilakukan?
·         Apakah itu dilakukan dengan cara yang seperti ini?
5.
Pertanyaan  Relasional
Penanya mencari kaitan antara berbagi elemen.
Prioritas

·         Mana yang paling penting?
·         Apakah ini lebih penting?
Temporal/ Spasial
·         Manakah yang paling besar?
·         Mana yang lebih dulu?
Komparatif
·         Bagaimana membandingkan ini?
·         Bagaimana kontras ini?
 6.
Pertanyaan Verivikasional
Penanya mencoba untuk mengkonfirmasi validitas dari suatu pengamatan atau prosedur.
Evidential
(Yang berdasarkan kenyataan)
·         Apa fakta untuk mendukung hal itu?
·         Mana datanya?
Logis
·         Mana buktinya?
·         Apa alasannya?
Epistemologis
·         Apa ini dikenal?
·         Bagaimana ini dikenal?
7.
Pertanyaan Heuristik
Penanya bermaksud memberikan stimulus untuk melakukan percobaan
spekulatif
·         Apa yang akan terjadi jika?
·         Apa yang dapat terjadi jika?
Penyelidikan
(Investigatif)
·         Bagaimana kita bisa menemukannya?
8.
Pertanyaan Evaluasional
Penanya berupaya untuk menentukan kesimpulan.
Normatif
·         Apakah ada gunanya?
·         Bagaimana baiknya?     
Signifikan
·         Apa bedanya?
·         Jadi apa?


b.      Pertanyaan yang diarahkan pada siswa
Pertanyaan jenis ini digunakan untuk memperoleh tanggapan pribadi dari siswa. Pertanyaan ini terdiri atas : 1) pertanyaan konseptual yang berkaitan dengan makna, 2) pertanyaan purposif yang terkait dengan tujuan, 3) pertanyaan kognitif yang terkait dengan kegiatan  berpikir , 4) pertanyaan afektif yang terkait dengan perasaan, 5)  pertanyaan evaluatif yang terkait dengan nilai-nilai , 6) Pertanyaan preferensial yang difokuskan pada suka dan tidak suka.
c.       Pertanyaan retorik
Pertanyaan retorik bertujuan untuk menunjukan ekspresi diri, memperoleh pengaruh atau suatu cara untuk mendapatkan  petunjuk. Pertanyaan retorik terdiri atas :
1)      Pertanyaan imperatif
Contoh : Apakah Anda berhenti bicara?
2)      Pertanyaan deklaratif
Contoh :Bukankah itu bagus?
3)      Pertanyaan seruan
Contoh : Bagaimana mungkin Anda?
4)      Pertanyaan afirmasional
Contoh : Betulkah?



d.      Pertanyaan ambigu
Pertanyaan ambigu diungkpakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi, tetapi sifat pertanyaan tidak jelas. Berikut merupakan jenis pertanyaan ambigu:
1)      Petanyaan ambigu content  / keambiguan siswa
Contoh :         
a)        Akankah Anda menjelaskan itu? (Apa atau yang penjelasan?)  
b)       Bagaimana kita melakukannya? (Apa atau yang prosedur?)
c)        Apakah ada pertanyaan? (Tentang apa? Siapa pertanyaan?)
2)       Pertanyaan semantik
Contoh :
a)        Apa masalah Anda?
b)       Di mana Anda lahir? (Dalam gudang?)
c)        Bagaimana kau bisa di sini? (Meskipun jendela sudah terbuka?)


sumber: www.phy.ilstu.edu/pte/publications/engaging_students.pdf 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cari Blog Ini